Peranan Desa Pakraman Pengeragoan Dangin Tukad Kec. Pekutatan Kab. Jembrana dalam Menormalisasi Hubungan Solidaritas Sekaa Teruna-Teruni “Satya Dharma”.

Authors

  • I Wayan Sumerta Yadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v5i3.22051

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Peranan Desa Pakraman Pengeragoan Dangin Tukad Kec. Pekutatan Kab. Jembrana dalam Menormalisir Hubungan Solidaritas Sekaa Teruna-Teruni “Satya Dharma” (2) Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi Desa Pakraman Pengeragoan Dangin Tukad Kec. Pekutatan Kab. Jembrana dalam Menormalisir Hubungan Solidaritas Sekaa Teruna-Teruni “Satya Dharma” (3) Bagaimana Upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi Desa Pakraman Pengeragoan Dangin Tukad Kec. Pekutatan Kab. Jembrana dalam Menormalisir Hubungan Solidaritas Sekaa Teruna- Teruni “Satya Dharma”.

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah para penglingsir, bedesa adat, kelian banjar, tokoh tokoh adat,, jero mangku, Sekaa Teruna Teruni serta masyarakat umum Desa Pengeragoan Dangin Tukad, Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana. Pengumpulan data dalam metode ini adalah dengan metode pengamatan/observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukkan, (1) Peranan Desa Pakraman dalam menjaga hubungan solidaritas Sekaa Teruna-Teruni “ Satya Dharma “ itu sangat baik, itu dapat dilihat dimana adanya saling bantu menbantu pada saat upacara agama dan saling gotong royong. (2) Kendala yang dihadai Desa Pakraman pengeragoan dalam menormalisasikan hubungan antar pemuda adalah karena masih adanya Sekaa Teruna-Teruni yang terbentuk dalam kelompok kelompok tertentu atau komunitas, sehingga pemuda tersebut sulit untuk disatukan. (3) Salah satu cara yang dilakukan untuk menormalisasikan hubungan dengan pemuda adalah dengan cara melaksanakan pertemuan antar Prejuru Adat dengan Pemuda yang dilakukan setiap seminggu sekali dan melaksanakan kegiatan gotong royong agar pemuda dapat berkumpul dikegiatan tersebut. memberikan penyuluhan/ sosialisasi di banjar terkait kehidupan pemuda pemudi saat ini.

Downloads

Published

2019-11-26