Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Sikap Demokratis Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII B SMP Mutiara Singaraja

Authors

  • N.L.P.G. Diantari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v6i1.22059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap demokratis siswa kelas VIII B SMP Mutiara Singaraja melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Mutiara Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 20 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, angket dan dokumentasi. Data yang didapat selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriftif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas VIII B SMP Mutiara Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 dan terjadi peningkatan sikap demokratis siswa yang berada pada kategori tinggi.

Kata Kunci : GI (Group Investigation), kemampuan berpikir kritis, sikap demokratis.

Downloads

Published

2019-11-26