STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 SUKASADA

Authors

  • Nanang Muhajirin

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v6i1.22060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya yang dilakukan sekolah dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 3 Sukasada, (2) kendala-kendala dalam upaya pembinaan karakter. Metode Penelitian termasuk deskriptif kulitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi pada Guru Pkn, Guru Bimbingan Konseling, Waka kesiswaan, Waka Kurikulum, dan Kepala Sekolah. yang dimana pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif mengunakan triangulasi data dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya yang dilakukan sekolah dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 3 Sukasada,yaitu telah adanya penanaman nilai-nilai karakter pada siswa melalui proses pembelajaran didalam kelas (intrakurikuler) maupun diluar kelas (ekstrakurikuler). (2) kendala- kendala dalam upaya pembinaan karakter yaitu: 1. kurangnya singkronisasi antara pihak sekolah dan keluarga. 2. dalam pelaksanaan pembinaan karakter terkait penanaman nilai-nilai karakter guru mengalami kendala keterbatasan waktu.

Kata kunci : Strategi, Pembinaan, Karakter.

Downloads

Published

2019-11-26