STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i1.22060Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya yang dilakukan sekolah dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 3 Sukasada, (2) kendala-kendala dalam upaya pembinaan karakter. Metode Penelitian termasuk deskriptif kulitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi pada Guru Pkn, Guru Bimbingan Konseling, Waka kesiswaan, Waka Kurikulum, dan Kepala Sekolah. yang dimana pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif mengunakan triangulasi data dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya yang dilakukan sekolah dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 3 Sukasada,yaitu telah adanya penanaman nilai-nilai karakter pada siswa melalui proses pembelajaran didalam kelas (intrakurikuler) maupun diluar kelas (ekstrakurikuler). (2) kendala- kendala dalam upaya pembinaan karakter yaitu: 1. kurangnya singkronisasi antara pihak sekolah dan keluarga. 2. dalam pelaksanaan pembinaan karakter terkait penanaman nilai-nilai karakter guru mengalami kendala keterbatasan waktu.
Kata kunci : Strategi, Pembinaan, Karakter.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)