PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 1 SUKASADA TERHADAP TIDAK DIMASUKKANNYA MATA PELAJARAN PKn DALAM UJIAN NASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i1.22061Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMP Negeri l Sukasada terhadap tidak dimasukkannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sukasada. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara. dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Siswa SMP Negeri 1 Sukasada setuju jika PKn tidak dilibatkan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional karena siswa berpikir Ujian Nasional adalah menambah beban belajar siswa, karena mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang bersifat menghafal, mata pelajaran PKn sulit mengukur dalam penilaiannya secara kognitif, karena mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan nilai – nilai kognitif tetapi juga afektif dan psikomotor dan ujian nasional tidaklah berdampak positif maupun negatif terhadap minat dan motivasi belajar siswa. Guru – guru menilai minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran PKn sama baik ketika PKn dilibatkan dalam EBTANAS maupun ketika tidak dilibatkan dalam Ujian Nasional.
Kata-kata kunci: persepsi siswa, mata pelajaran PKn , ujian nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)