PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 1 SUKASADA TERHADAP TIDAK DIMASUKKANNYA MATA PELAJARAN PKn DALAM UJIAN NASIONAL

Authors

  • Puji Katiasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v6i1.22061

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMP Negeri l Sukasada terhadap tidak dimasukkannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sukasada. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara. dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Siswa SMP Negeri 1 Sukasada setuju jika PKn tidak dilibatkan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional karena siswa berpikir Ujian Nasional adalah menambah beban belajar siswa, karena mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang bersifat menghafal, mata pelajaran PKn sulit mengukur dalam penilaiannya secara kognitif, karena mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan nilai – nilai kognitif tetapi juga afektif dan psikomotor dan ujian nasional tidaklah berdampak positif maupun negatif terhadap minat dan motivasi belajar siswa. Guru – guru menilai minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran PKn sama baik ketika PKn dilibatkan dalam EBTANAS maupun ketika tidak dilibatkan dalam Ujian Nasional.

Kata-kata kunci: persepsi siswa, mata pelajaran PKn , ujian nasional

Downloads

Published

2019-11-26