PENGEMBANGAN SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM RANGKA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SMPN 1 SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i2.22062Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) sikap disiplin siswa dalam rangka implementasi pendidikan karakter bangsa di smpn 1 sukasada, (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sikap disiplin siswa dalam rangka implementasi pendidikan karakter bangsa di smpn 1 sukasada, (3) upaya sekolah dalam membina sikap disiplin siswa dalam rangka implementasi pendidikan karakter bangsa di smpn 1 sukasada. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sukasada. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Secara umum sikap disiplin yang ditunjukkan oleh siswa sudah baik, namun ada beberapa siswa yang masih menunjukkan perilaku yang kurang baik, hanya saja tidak terlalu ekstrim. Sebagian besar dari mereka hanya melakukan penyimpangan ringan yang masih bisa diatasi oleh pihak sekolah, dan biasanya perilaku yang ditunjukkan oleh siswa selama berada disekolah itu karena mereka masih membawa kebiasaan buruk yaitu main-main ketika mereka masih berada dibangku sekolah dasar bagi kelas VII dan masalah ekonomi, serta jarak dan medan antara tempat tinggal siswa dengan sekolah. (2) faktor-faktor seperti : Terlambat bangun, Lingkungan kurang mendukung, Kurangnya fasilitas sekolah, Masalah ekonomi, Jarak dan medan antara tempat tinggal siswa dengan sekolah. (3) Dalam rangka mendisiplinkan warga sekolah, maka sekolah sendiri membuat aturan yang harus dipatuhi oleh warganya, aturan yang dibuat tersebut berbentuk tata tertib, didalam tata tertib itu sendiri sudah dijelaskan mengenai hal-hal yang harus dilakukan oleh warga sekolah SMPN 1 Sukasada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)