PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIIIa SMP NEGERI SATU ATAP PEJUKUTAN, NUSA PENIDA TAHUN AJARAN 2017/2018.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i2.22065Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui hasil belajar PPKn setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas VIIIa Tahun ajaran 2017/2018 di SMP Negeri Satu Atap Pejukutan, 2) Untuk mengetahui minat siswa kelas VIIIa SMP Negeri Satu Atap Pejukutan Tahun ajaran 2017/2018 terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT), 3) Untuk mengetahui Kendala-kendala apa saja yang terjadi di penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa semester II SMP Negeri Satu Atap Pejukutan Nusa Penida dengan jumblah siswa perempuan 13 dan laki-laki 10, jadi jumblah keseluruhan adalah 23 orang. Prosedur kerja tindakan ini dilakukan 4 tahap yakni : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi evaluasi dan tahap refleksi tindakan. Empat tahap tersebut dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas VIIIa SMP Negeri Satu Atap Pejukutan Nusa Penida. Hal ini dapat dilihat berdasarkan skor rata-rata hasil belajar PKn siswa pada siklus I sebesar 71,5% dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai rata-rata 56,52% sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa PKn siswa pada siklus II yaitu sebesar 75,68% dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 75,52% dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar PKn siswa. Penerapan pembelajaran kooperatiftipe Team Games Tournament (TGT) mendapat respon yang positif dari seswa kelasVIIIa SMP Negeri Satu Atap Pejukutan Nusa Penida.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)