IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI MULTIKULTUR DALAM MATA PELAJARAN PPKn PADA KELAS VIII DI SMPN 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i2.22066Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pembelajaran nilai multikultur di SMPN 2 Singaraja (2) implementasinilai multikultur di SMPN 2 Singaraja (3) wawasan, sikap dan ketrampilan multikultur siswa kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Singaraja serta Guru yang mengajar dikelas VIII SMPN 2 Singaraja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket/ kuisioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman angket/kuisioner. Data yang telah terkumpul tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran nilai multikultur di SMPN 2 Singaraja dilakukan sejak siswa masuk di sekolah SMPN 2 Singaraja melalui proses pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas (2) transformasi nilai multikultur di SMPN 2 Singaraja berjalan sangat baik, siswa sangat suka dengan teman-teman yang beragam (3) wawasan, sikap dan ketrampilan multikultur siswa kelas VIII di SMPN 2 Singaraja dalam kehidupan bermasyarakat dilingkungan sekolah sudah sangat baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)