Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Sosial Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Sawan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i2.22067Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar dan keterampilan social PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Single Factor Indefendent Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISMP Negeri 2 Sawan.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling pada anggota populasi.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner.Data yang dikumpulkan berupa nilai motivasi belajar dan keterampilan social PPKn. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan dengan F hitung 118,660 dengan signifikansi 0,000. Apabila ditetapkan taraf signifikansi = 0,05, maka nilai signifikansi lebih kecil dari pada α sehingga F signifikan. Kedua, terdapat perbedaan keterampilan social anatara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan dengan F hitung 89,326 dengan signifikansi 0,000. Apabila ditetapkan taraf signifikansi = 0,05, maka nilai signifikansi lebih kecil dari pada α sehingga F signifikan. Ketiga, secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajaran dan keterampilan social anatara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan dengan F hitung sebesar 65,100 dengan nilai signifikan 0,000. Apabila ditetapkan taraf signifikan α = 0,05, maka nilai signifikansi lebih kecil dari pada α sehingga F signifikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)