PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BAHASA I PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI I BUSUNGBIU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i3.22070Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimanakah dalam penerapan model pembelajaran role playing agar dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng., 2) Untuk mengetahui bagaimanakah dalam penerapan model pembelajaran role playing agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng 3) Untuk mengetahui kendala-kendala apakah yang hadapi dalam menerapkan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. subjek dalam penelitian ini ialah kumpulan orang atau masyarakat di sekolah SMA Negeri 1 Busungbiu (kelas X Bahasa I). Dengan tehnik yang digunakan ialah tehnik random Sampling. Data tentang hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dikumpulkan melalui metode tes dengan alat pengumpul data adalah tes objektif dan essai sedangkan untuk Motivasi Belajar menggunakan Angket/Kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan Hasil belajar pada mata pelajaran PPKn di kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu. setelah menggunakan penerapan model pembelajaran Role Playing. Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn sebesar 79,13 berada pada kriteria cukup pada siklus I kemudian meningkat menjadi 83,93 pada siklus II dengan kriteria baik. Ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu dengan model pembelajaran Role Playing berbasis mampu mengembangkan Motivasi siswa dengan menggunakan
intrumen penelitian observasi dan angket, hal ini terlihat dalam hasil pengembangan Motivasi belajar pada pra-tindakan dengan rata-rata 66% berada pada kategori kurang, pada siklus I dengan rata-rata 71% berada pada kategori cukup, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84% berada pada
katagori Baik. Simpulan dari penelitian ini terjadi peningkatan Hasil belajar siswa dan sikap Motivasi Belajar siswa melalui penerapan pembelajaran Role Playing dalam Mata pelajaran PPKn kelas X Bahasa I di SMA Negeri 1 Busungbiu.
Kata kunci: Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar Siswa, Motivasi siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)