PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BAHASA I PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI I BUSUNGBIU

Authors

  • I Komang Agus Ariska

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v6i3.22070

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimanakah dalam penerapan model pembelajaran role playing agar dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng., 2) Untuk mengetahui bagaimanakah dalam penerapan model pembelajaran role playing agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng 3) Untuk mengetahui kendala-kendala apakah yang hadapi dalam menerapkan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. subjek dalam penelitian ini ialah kumpulan orang atau masyarakat di sekolah SMA Negeri 1 Busungbiu (kelas X Bahasa I). Dengan tehnik yang digunakan ialah tehnik random Sampling. Data tentang hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dikumpulkan melalui metode tes dengan alat pengumpul data adalah tes objektif dan essai sedangkan untuk Motivasi Belajar menggunakan Angket/Kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan Hasil belajar pada mata pelajaran PPKn di kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu. setelah menggunakan penerapan model pembelajaran Role Playing. Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn sebesar 79,13 berada pada kriteria cukup pada siklus I kemudian meningkat menjadi 83,93 pada siklus II dengan kriteria baik. Ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu dengan model pembelajaran Role Playing berbasis mampu mengembangkan Motivasi siswa dengan menggunakan 

intrumen penelitian observasi dan angket, hal ini terlihat dalam hasil pengembangan Motivasi belajar pada pra-tindakan dengan rata-rata 66% berada pada kategori kurang, pada siklus I dengan rata-rata 71% berada pada kategori cukup, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84% berada pada

katagori Baik. Simpulan dari penelitian ini terjadi peningkatan Hasil belajar siswa dan sikap Motivasi Belajar siswa melalui penerapan pembelajaran Role Playing dalam Mata pelajaran PPKn kelas X Bahasa I di SMA Negeri 1 Busungbiu.

Kata kunci: Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar Siswa, Motivasi siswa.

Downloads

Published

2019-11-26