PENGARUH DIHAPUSNYA STATUS RSBI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SERTA PRESTASI KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v7i1.22076Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dihapusnya status RSBI terhadap (1) motivasi belajar siswa; (2) prestasi belajar siswa; (3) prestasi kinerja guru di SMA Negeri 1 Bangli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Tempat penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Bangli yang dulu pernah menyandang status sekolah RSBI. Objek penelitian ini adalah (1) motivasi belajar siswa; (2) prestasi belajar siswa; (3) prestasi kinerja guru. Subjek penelitian ini adalah warga SMA Negeri 1 Bangli yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru beserta staf sekolah dan siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Kuesioner; (4) Pencatatan Dokumen. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembatalan status RSBI yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi terhadap Pasal 50 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ternyata berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Bangli di mana terjadinya penurunan dilihat dari keaktifan siswa dalam kelas dan keaktifan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan olimpiade; (2) Dihapusnya status RSBI ternyata berdampak pada prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Bangli di mana telah bterjadi penurunan dilihat dari prestasi yang diraih di tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan internasional setelah dihapusnya status RSBI; (3) Penghapusan status RSBI ternyata tidak berpengaruh terhadap prestasi kinerja guru di SMA Negeri 1 Bangli dilihat dari keaktifan guru dalam mengajar juga dalam mengarahkan, membimbing dan melatih siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan olimpiade.
Kata-kata kunci : RSBI, motivasi belajar, prestasi belajar, prestasi kinerja guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)