KONTRIBUSI SIKAP SOSIAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI 1 MELAYA, KECAMATAN MELAYA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v7i1.22077Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi sikap sosial dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn (2) kontribusi sikap sosial terhadap hasil belajar PKn (3) kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP 1 melaya tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian ex post-facto yang menggunakan kuesioner dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 1 melaya tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 240 dengan jumlah sampelnya sebanyak 173 siswa yang diperoleh secara tes proposional random sampling. Data di ambil dengan menggunakan koesioner dan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis dekriptif yaitu analisis regresi ganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Secara bersama-sama dari kontribusi yang signifikan antara sikap sosial dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. (2) terdapat kontribusi yang signifikan dari sikap sosial terhadap hasil belajar siswa. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan dari minat belajar terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: sikap sosial, minat belajar, hasil belajar PKn.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)