IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TEKNO-HUMANISTIK (Reinventing Pasraman for Next-Century School)

Authors

  • I Made Yudana Guru Besar Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23543

Abstract

Mengawali paparan ijinkan saya mengajak Ibu dan Bapak peserta orientasi untuk membaca cukilan dua artikel yang ditulis penulis kondang J. Sumardianta dalam buku berjudul Guru Gokil Murid Unyuk, terbitan Bentang Pustaka Tahun 2013. Artikel pertama yang, mengisahkan dialog orang tua murid dan guru yang selengkapnya seperti kisah berikut : “Bu Nadia melihat putrinya Muriel, menangis sepulang sekolah sambil menenteng tas biola. Anak berumur 8 tahun itu sedih karena gurunya meniadakan pelajaran musik di kelas. Semalaman Bu Nadia (begitu Ibu muda ini biasa disapa oleh koleganya) merasa dongkol , sewot, dan memendam marah. Ia tidak bisa tidur memikirkan kekecewaan putrinya. Bu Nadia bertekad berdiskusi dengan guru agar mereka paham makna dan dampak kekecewaan bagi murid yang diasuhnya.

Keesokan harinya, Bu Nadia berusaha menenangkan diri. Ia memutuskan untuk mencari tahu apa persisnya yang terjadi di sekolah sebelum berdiskusi dengan guru. Bu Nadia menemui guru sebelum pelajaran dimulai. "Putri saya mencintai biola . Saya ingin tahu mengapa anak-anak tidak boleh lagi berlatih biola di sekolah?" ujar Bu Nadia.

Author Biography

I Made Yudana, Guru Besar Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Guru Besar Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan
Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial
Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

References

Cetron, M. 1996. An American Renaisance in the Year 2000 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1998. Pedoman Pengembangan

Sekolah Seutuhnya. Jakarta : Direktorat Dikmenjur.

DeRoche, E. F. 1985. How School Administration Solve Problems. NewY ork: Englewood Cliffs.

Drazan, F. C. 1984. The Trickle Down Theory: Motivation Starts at the Top.

USA. : The American Print. Fullan, M. G. 1991. The New Meaning of Educational Change. New

York: Teachers College Press. Gardner, H. 1982. Art, Mind, and Brain : A Cognitive Approach To Creativity. New York:

Basic Books.

Gerstner, L. V. 1995, Reinventing

Education: Entrepreneurship in America’s Public School, New York: Plume

Kartajaya, H. 2004 Marketing In V enus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kennedy, H. L. 1984. Understanding Personal Power . New Y ork: American Management Association.

Naisbitt, J. 1994. Global Paradox. Colorado: William Morrow and Company Inc.

Sumardianta, J. 2013. Guru Gokil Murid Unyu.Yogyakarta: PT Bentang Pustaka

Supriadi, Dedi, 1998. Mengangkat

Citra dan Martabat Guru.

Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Downloads

Published

2020-04-13