EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PPKN PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN BUSUNGBIU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23548Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn pada SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi dengan model CIPP. Tempat dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kecamatan busungbiu yang melaksanakan kurikulum 2013, yaitu SMA Negeri 1 Busungbiu dan SMA Negeri 2 Busungbiu dan Sampel dalam penelitian ini adalah dua orang kepala sekolah dan dua orang guru PPKn SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu. Berdasarkan instrumen evaluasi dari Kemendikbud, sampelsiswa diambil 5 orang dari masing-masing sekolah sehingga sampel siswaberjumlah 10 orang dengan menggunakan undian.Instrumen penelitian berupa kuisioner, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Statistik Deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn pada SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu terkualifikasi efektif.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pelajaran PPKn.
References
Alfi Nur Bayti. 2013. Evaluasi Terhadap Proyek Media Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas XII Jurusan MultimediaDi Smk Negeri 11 Semarang.
Semarang : lib.unnes.ac.id Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
PT Bumi Aksara
Ermawati, 2016.Implementasi
Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bantul.Jurnal CARAKA,V olume 3 (1) Edisi Desember 2016
Hamalik. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi
aksara
Hari Setiadi, 2016. Pelaksanaan
Penilaian Pada Kurikulum 2013.Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan V olume 20 (2), Desember 2016 (166- 178)
Kusyamto, 2014. Studi Analisis Kurikulum 2013. Diakses pada tanggal 1 juli 2018.
Mulyasa,
.go.id/studi-analisis- kurikulum-2013/
E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Riduan.(2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti
Pemula.Bandung: Alfabeta Sofan A. 2013.Pengembangan dan Model Pembelajaran dan Kurikulum 2013. Jakarta:
Prestasi Pustakarya
Sukadi, 2017:2. Visi, Misi dan Tujuan
PPKN K13 menurut CICED ( Center for Indonesia Civic Education). Singaraja : UNDIKSHA
Wijayanti. (2009). Penerapan Lesson Study dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XII program IPS di SMA Lab Universitas Negeri Malang. Malang, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)