PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU

Authors

  • I Made Pasek Anom Sarwa Adi Wisesa Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Lasmawan Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suastika Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Projec Citizenterhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental post-test only control group desing. Populasi penelitian ini adalah 188 siswa kelas X dengan sampel penelitian 32 siswa X IPA1 dan 30 siswa kelas X IPA4 SMA Negeri 1 Busungbiu yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir keritis dan hasil belajar siswa 80.47 dan 83.81 untuk kelas eksperimen dan 72.83 dan 73.83 untuk kelas control. Artinya kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dalam hal pencapaian keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar mereka. Selain itu, nilai F- Wilk’ Lambda = 49.78. Karena nilai sig (p= 0.0 < 0.05), hipotesis nol (H0) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pemebalajaranProject Citizen terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya,

Kata kunci: Project Citizen, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Author Biographies

I Made Pasek Anom Sarwa Adi Wisesa, Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

I Wayan Lasmawan, Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

I Nengah Suastika, Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

References

Alden Craddock, dkk. 2007.

International Democratic

Education Institute

Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta :Bumi Aksara

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Efeektif. Jakarta PT. Rineka Cipta

Astini, N. G. N. 2011. Implementasi model pembelajaran kooperatif

tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari minat belajr siswa SMA: Studi eksperimen pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tegallalang. Tesis (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidkan Ganesha.

Azwar, S. 2002. Reliabiliti dan Validiti. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Badeni. 1998. Cooperatife learning dalam konteks pendidkan IPS. Jurnal Pendidkan Ilmu Sosial. Nomor 12 Tahun VI Edisi Juli

- Desember.

Budimansyah, D. (2009). Inovasi

Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.

Budimansyah, D. & Suryadi, K.(2008).

P-ISSN : 2599-2694, E-ISSN : 2599-2686

PKN dan Multikultural. Program Studi Kewarganegaraan.

Masyarakat Bandung: Pendidikan

Candiasa, I.M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertasi Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha

Press.

Cogan, J.J. dan Derricott, R. (1998).

Citizenship for the 21st

Century; An Perspective on London: Kogan Page.

Craddock, et.al, (2007) “Theaching for Democracy: Assessing Project Citizen in Poland, South

Africa”, Research Report. Dantes, Nyoman. 2007. Analisis

Varian. Singaraja: Undiksha

Downloads

Published

2020-04-13