METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI MADRASAH IBTIDAHIYAH PADA MASA PANDEMI

Authors

  • Heri Hidayat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung herihidayat@uinsgd.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31425

Abstract

Perkembangan zaman selaras dengan perkembangan teknologi yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan tak terkecuali pada aspek pendidikan dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dengan dibantu media pembelajaran berupa audio, visual, dan audio- visual. Ditambah saat masa pandemi seperti ini yang menuntut seluruh aktivitas untuk dilakukan dari rumah, temasuk pembelajaran yang diharuskan untuk pembelajaran secara online, yang mengharuskan untuk belajar daring yang serba terbatas diharuskan peran aktif dari murid yang mampu belajar lebih mandiri, guru yang harus lebih kreatif dalam menyajikan materi agar siswa tidak merasa bosan terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung, dan juga peran aktif orang tua yang mendukung, memotivasi, mengawasi siswa, dan membantu guru dalam menjelaskan materi yang belum tersampaikan dengan baik. Dibutuhkan koordinasi yang baik antara guru, siswa, dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang baik untuk siswa. Model pembelajaran interaktif merupakan cara atau teknik pembelajaran yang digunakan oleh pendidik saat menyampaikan materi pelajaran dimana pendidik sebagai pemeran yang menciptakan suasana interaktif dan bersifat edukatif, dimana interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan sumber pembelajaran yang digunakan guna menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Model pembelajaran interaktif mengajarkan agar siswa terlibat secara aktif, yang melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran,dan psikomotor siswa.

References

Hidayat, A., Sa'diah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jural Pendidikan Islam VOL. 09 No. 01, 74.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peran Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan UNDIKSHA, Vol. 8 No. 2, 6.

Listyarti, R. (2020). Siswa Belajar dari Rumah, KPAI: Anak-anak Stres Dikasih Banyak Tuga. Jakarta: www.news.detik.com.

Muhammad, L. G. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al- Hikmah: Jurnal Studi Islam, Vol. 1 No. 1, 8.

Peraturan Pemerintah, P. P. (2013). Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Permendikbud. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2006. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Pradesa, N. M., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD. Jurnal Edutech UNDIKSHA, Vol. 2 No. 1, 2.

Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKn Negeri 09 Kabawetan.

Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 10 No. 2, Hal. 66-72.

Downloads

Published

2021-11-14