Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Melalui Penerapan Model PBL Pada Materi Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31430Abstract
Pembelajaran daring akibat pandemi memerlukan penyesuaian guna dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik pada materi Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia melalui google classroom, whatsapp group dan google meet dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 4 SMAN 2 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus dengan subjek peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar pada tahun pelajaran 2020/2021. Data hasil belajar PPKn peserta didik diperoleh melalui tes pilihan ganda yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Melalui penerapan model pembelajaran PBL meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik melalui google classroom, whatsapp group dan google meet di kelas XI IPS 4 SMAN 2 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dapat dilihat dari pemenuhan kriteria keberhasilan mulai dari rata-rata hasil belajar sebesar 69.54 pada refleksi awal menjadi 77.35 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 81.59 pada siklus II dengan kriteria baik. Daya serap sebesar 69.54% pada refleksi awal menjadi 77.35% pada siklus I dan meningkat 81.59% pada siklus II. Selanjutnya dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35.13% meningkat menjadi 76.92% pada siklus I dan siklus II.
References
Djamarah, S.b dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdy Mahasatya.
Hidayanta, Nur. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN dalam Jurnal Kependidikan Volume 43 Nomor 1. Diakses melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2248 pada tanggal 13 Oktober 2020.
Kaelan, Ms. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Paradigma: Yogyakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 SMA/SMK Mata Pelajaran PPKn. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.
Maolani, Sukasih A. dan Cahyana, Ucu. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2015. Jakarta. Rajawali Pers.
Pakpahan, Roida dan Fitriani,Yuni. 2020. Kemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Dalam Journal of Informastion System, Applied, Management. Acounting and Research Volume 4 Nomor 2 tahun 2020. Diakses dari http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181 pada tanggal 13 Oktober 2020.
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70. Di akses melalui http://journallitbang- rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/254 pada tanggal 14 Oktober 2020.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses Melalui http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/uu20-2003sisdiknas.pdf pada tanggal 12 Oktober 2020.
Wardani, Anita dan Ayriza Yulia. 2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Dalam Jurnal Obsesi Volume 5 nomor 1. Diakses dari https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/705 pada tanggal 12 Oktober 2020.
Widya Yanti, Ni Wayan. 2013. Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Dalam Jurnal pendidikan kewarganegaraan undiksha Volume 1 Nomor 2 tahun 2013. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/404 pada tanggal 13 Oktober 2020
https://bali.tribunnews.com/2020/03/30/satgas-covid-19-bali-putuskan pelaksanaan pembelajaran-daring- di-rumah-bagi-siswa-diperpanjang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)