PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK AGAR MENCIPTAKAN SISWA YANG BERKUALITAS

Authors

  • Karina Cahyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34131

Abstract

Guru selaku pendidik yang berada di sekolah memiliki peran besar dalam membentuk karakter anak. Dalam dunia pendidikan zaman sekarang ini, tugas seorang guru tidak hanya menjadi pengajar saja, tetapi selain menjadi pengajar guru juga sebagai pendidik karakter, moral, serta budaya untuk siswanya. Untuk membuat seorang siswa berperilaku yang berkarakter, sebagai pendidik harus bisa memberikan contoh perilaku yang baik bagi siswanya. Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang melatih siswa untuk berpikir kritis, analitis, dan bertindak demokratis. Dalam Pendidikan Kewarganegaraan peran guru dalam membentuk karakteristik yaitu dengan cara menjadi panutan dan teladan untuk dicontoh oleh siswa serta guru harus mendidik siswanya memiliki integritas dan kedisiplinan dalam kehidupannya sehari-hari.

References

Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa.Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).

Bego, K. C. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Siswa.JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(3).

Octavia, E., & Sumanto, I. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2).

Pebriyenni, P. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(1), 1-16.

Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Prenada Media.

Annisa, A. (2021). Tantangan Guru dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Huda, S. (2020). PEnanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dan Guru Pendidikan Jasmani.Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(1), 42-70.

Torang, S. (2013). Organisasi & manajemen; perilaku, struktur, budaya & perubahan organisasi.

Soekanto, S. (2002). Teori Peranan. Bumi Aksara. Jakarta.

Munawaroh, M. (2019). Bimbingan Agama untuk meningkatkan Afirmasi pasien Amputasi rawat Inap: Penelitian di unit Warois RSD Gunung Jati jalan Kesambi Raya No. 56 Kota Cirebon (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Adnan, M. F. (2005). Pendidikan kewarganegaraan (civic education) pada era demokratisasi. Jurnal Demokrasi, 4(1).

Downloads

Published

2021-11-14