PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS DARING PADA KELAS IX SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Authors

  • NN Sudiani Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha
  • NB Atmadja Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha
  • T Maryati Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i3.38516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui sistem pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja: (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam sistem pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja; (3) Mengetahui strategi untuk mengatasi kendala sistem pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja; (4) Mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 6 Singaraja. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling dan snowball. Data diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kesahihan data menggunakan triangulasi dan analisis deskripsif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Sistem pembelajaran IPS menggunakan aplikasi whatsapp, google classroom dan google form; (2) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring adalah keterbatasan kepemilikan perangkat teknologi; (3) Strategi dalam mengatasi kendala adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang sederhana; (4) Ketercapaian hasil belajar dengan sistem daring memenuhi KKM sekolah.

Downloads

Published

2021-10-11