PROBLEMATIKA PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN PENGUATAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Putu Indah Lestari Fakultas Ekonomika dan Humaniora Universitas Dhyana Pura
  • Elizabeth Prima Fakultas Ekonomika dan Humaniora Universitas Dhyana Pura
  • I Made Astra Winaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra
  • Putu Ronny Angga Mahendra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra
  • Khairun Nisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Gede Hendri Ari Susila Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan STKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i3.38540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di era Revolusi Industri 4.0 dan solusi dari masalah yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka dengan pengumpulan data kepustakaan. Menggunaan teknik analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah problematika pengeintegrasian penguatan pendidikan karakter antara lain metode yang digunakan guru masih kurang bervariatif, dalam RPP dituliskan hanya caremah, tanya jawab, berdiskusi dan penugasan. Guru mengalami kendala terhadap media yang digunakan untuk mengintegrasi penguatan pendidikan karakter. Tidak semua media dapat digunakan untuk penanaman lima nilai karakter yang dianjurkan oleh pemerintah, nilai karakter yang muncul hanya dua dari lima nilai yang disarankan dan problem dalam penilaian pembelajaran. Penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan pengintegrasian pembelajaran, perdalaman dan perluasan dapat berupa penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang pada pengembangan karakter siswa penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, manajemen sekolah, dan fungsi komite.

Downloads

Published

2021-10-11