METODE DISKUSI DEBAT TEKNIK ITEMIZED RESPONSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.400Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas X UPW SMK PGRI 1 Singaraja,mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa setelah menerapkan metode pembelajaran diskusi debat berbantuan teknik itemized response, dan menemukan solusi terhadap kendala yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua kali siklus tindakanyang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X UPW SMK PGRI 1 Singaraja yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi,pemberian tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa dari 66,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 68% pada siklus I menjadi sebesar 76,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 91,8% pada siklus II.Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran ini yaitu sulitnya memilih materi yang didebatkan, kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah pro kontra, jumlah siswa dalam penerapan teknik itemized response.Solusi yang dilakukan dalam meminimalisir kendala-kendala yang dihadapi adalah menyiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti pelajaran,hanya siswa yang belum aktif diberikan perlakuan teknik itemized response.
Kata-kata kunci: diskusi debat, teknik itemized response, hasil belajar PKn
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)