METODE DISKUSI DEBAT TEKNIK ITEMIZED RESPONSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA

Authors

  • Ni Nyoman Juliani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.400

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas X UPW SMK PGRI 1 Singaraja,mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa setelah menerapkan metode pembelajaran diskusi debat berbantuan teknik itemized response, dan menemukan solusi terhadap kendala yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua kali siklus tindakanyang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X UPW SMK PGRI 1 Singaraja yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi,pemberian tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa dari 66,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 68% pada siklus I menjadi sebesar 76,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 91,8% pada siklus II.Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran ini yaitu sulitnya memilih materi yang didebatkan, kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah pro kontra, jumlah siswa dalam penerapan teknik itemized response.Solusi yang dilakukan dalam meminimalisir kendala-kendala yang dihadapi adalah menyiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti pelajaran,hanya siswa yang belum aktif diberikan perlakuan teknik itemized response.


Kata-kata kunci: diskusi debat, teknik itemized response, hasil belajar PKn

Downloads

Published

2013-03-20