PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Ni Made Asri Jayanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.401

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Singaraja; (2) mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 35 orang. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data hasil belajar siswa terdiri dari rata-rata kelas, daya serap dan ketuntasan belajar secara klasikal. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk 20 soal obyektif dan data kendala-kendala siswa dikumpulkan dengan pengamatan pada saat proses pembelajaran (observasi). Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan, hasil belajar siswa masih rendah. Setelah dilakukan tindakan maka, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 76,57 dan termasuk katagori sedang (cukup) dengan daya serap 76,57% dan ketuntasan klasikal sebesar 65,71%, sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah sebesar 82,86 dan termasuk katagori tinggi (baik) dengan daya serap 82,86% dan ketuntasan klasikal sebesar 94,28%. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 6,29. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah hubungan siswa dengan teman-teman dalam satu kelompok diskusi dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang, partisipasi dan kesungguhan siswa dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang, kurangnya efektivitas pemanfaatan waktu dalam kegiatan belajar mengajar.


Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Head Together (NHT), Lembar Kerja Siswa (LKS), Hasil Belajar PKn Siswa

Downloads

Published

2013-03-20