PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA N 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • NI PUTU RISKIANA DEWI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.402

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap aktifitas dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas XI IPA 4 SMA N 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research) dalam pelaksanaannya sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA N 2 Singaraja yang berjumlah 32 orang dengan rincian laki-laki 12 orang dan perempuan 21 orang. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kriteria tingkat penguasaan secara individu 76% dan 85% untuk ketuntasan secara klasikal. Data aktifitas siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, data hasil belajar siswa terdiri dari rata-rata kelas, daya serap, dan ketuntasan belajar secara klasikal dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk soal obyektif. Sebelum dilaksanakan tindakan aktifitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Pada siklus I aktifitas siswa mengalami peningkatan menjadi aktif dengan rata-rata skor 8,92. Rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 79,68 dengan daya serap 79,68% dan ketuntasan belajar klasikal 68,75%. Pada siklus II rata-rata aktifitas siswa mengalami peningkatan sebesar 1,89 dari 8,92 pada siklus I menjadi 10.81 pada siklus II. rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,57 dari 79,68 pada siklus I menjadi 86,25 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 31,25% dari 68,75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/20113.


Kata-kata kunci: Teams Games Tournament, Aktifitas, Hasil belajar PKn

Downloads

Published

2013-03-20