PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA GUNA MEMBANGUN KECERDASAN BERIDEOLOGI PADA GURU PPKn SMA/SMK KOTA DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v9i3.40431Abstract
Nilai-nilai Pancasila harus dihayati, diinternalisasi dan diterapkan dalam semua bidang kehidupan warga negara. Diajarkan melalui cara-cara yang edukatif (menghindari cara-cara indoktrinatif) dan tidak lagi dijadikan alat untuk mempertahankan pengaruh politik dan kekuasaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Diskusi dan sosialisasi kepada pendidik/ guru PPKn SMA/SMK di Kota Dumai. Diskusi dimulai dengan kegiatan brainstorming, ceramah dan tanya jawab, kemudian internalisasi melalui sosialisasi kartu pintar pengamalan pancasila guna membangun kecerdasan berideologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan akademisi merupakan satu upaya nyata untuk mengedukasi masyarakat terhadap ideologi, bukan karena lupa dan abai dengan ideologi tetapi memperkuat pemahaman yang telah ada agar pancasila terus lestari dan terjaga. Berdasarkan hasil survey yang dilaksanakan setelah kegiatan pengabdian, para peserta memperoleh (1) peningkatan pemahaman mengenai nilai-nilai pancasila sebab disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti serta (2) motivasi untuk terus menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)