PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SAWAN PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v9i3.40817Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sawan di kelas XI IPS 1 yang prestasi belajar ekonomi siswanya masih rendah. Peneltian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas, dimana metode pengumpulan datanya dilakukan melalui tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan tes akhir dan rubrik penilaian diskusi kelompok.Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif statistik deskriptif dengan mencari rata-rata, daya serap, ketuntasan klasikal hasil belajar kelas.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada keadaan awal rata-rata prestasi belajar 51,71 dengan kentuntasan belajar 29,41%. Pada pelaksanaan siklus I mencapai nilai rata-rata 71,03 dengan kentuntasan belajar 76,47% serta pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,38 dengan ketuntasan belajar 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sawan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)