PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SAWAN PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Luh Hendra Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i3.40817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sawan di kelas XI IPS 1 yang prestasi belajar ekonomi siswanya masih rendah. Peneltian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas, dimana metode pengumpulan datanya dilakukan melalui tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan tes akhir dan rubrik penilaian diskusi kelompok.Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif statistik deskriptif dengan mencari rata-rata, daya serap, ketuntasan klasikal hasil belajar kelas.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada keadaan awal rata-rata prestasi belajar 51,71 dengan kentuntasan belajar 29,41%. Pada pelaksanaan siklus I mencapai nilai rata-rata 71,03 dengan kentuntasan belajar 76,47% serta pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,38 dengan ketuntasan belajar 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sawan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2021-09-01