OPTIMALISASI KEGIATAN PENDIDIKAN SEBAGAI PEMENUHAN HAK ANAK DI LPKA KLAS II TANJUNG PATI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v10i2.46817Abstract
Setiap anak di Indonesia, termasuk yang menjalani proses hukum, harus memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Anak yang berhadapan dengan hukum dibina di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). LPKA tentunya berkewajiban menyelenggarakan pembelajaran, pelatihan ketrampilan khusus, pembinaan dan hal-hal lain yang memuaskan anak berdasar pada peraturan perundang-undangan. Peneliti melakukan penelitian di LPKA Kelas II Tanjung Pati dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, hasil dari observasi bukan dalam bentuk angka atau poin namun dapat dalam bentuk klasifikasi ataupun kualitas nilai. Selain dengan observasi, penulis juga melakukan wawancara terhadap satu orang petugas dan tiga anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas II Tanjung Pati. Hasil penelitian ini yaitu LPKA Kelas II Tanjung Pati telah memberikan hak anak didik pemasyarakatan yaitu dengan terlaksananya kegiatan pendidikan, namun kegiatan pendidikan saat ini dirasa belum optimal dikarenakan beberapa faktor di antaranya yaitu kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar seperti fasilitas yang belum lengkap seperti kurangnya meja dan kursi, kurangnya alat tulis, belum adanya laboratorium, serta kurangnya tenaga pengajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)