PENERAPAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKAN RESPON POSITIF SISWA DALAM PELAJARAN PKN

Authors

  • DWI ANA PERTIWI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.485

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pekutatan pada siswa kelas XI IPS 1. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan hasil belajar, (2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran     
kooperatif tipe  Group Investigation dalam pelajaran PKn, dan (3) Mengetahui kendala-kendala yang  mungkin terjadi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Group Investigation. Prosedur kerja dalam pelaksanaan  tindakan     
dilakukan melalui empat tahap kegiatan, yakni : perencanaan, pelaksanaan,  evaluasi, dan refleksi. Empat tahap kegiatan tersebut dilakukan dalam dua siklus.     
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (2) tes, dan (3)     
angket. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dari rata-rata 73,4 dengan daya serap 73,4%, dan ketuntasan belajar 57,1% pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 76,1 dengan daya serap 76,1%, dan ketuntasan belajar 82,8% pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat menumbuhkan respon positif siswa dengan rata-rata  respon siswa 36,8 pada  siklus I, menjadi 38,7 pada siklus II, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam pelajaran PKn mengalami beberapa kendala pada siklus I yaitu terdapat anggota kelompok yang kurang aktif dan ragu dalam mengemukakan pendapat.     
Kata kunci : Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Respon Positif    

Downloads

Published

2013-05-16