PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VIII.6 SMP NEGERI 3 BANJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.486Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkanaktivitas belajar siswa di kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan
metode problim solving pada pembelajaran PKN di Kelas VIII.6 Semester Genap SMP
Negeri 3 Banjar Kabupaten Buleleng. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 yang
berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 13 orang perempuan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari
empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi.
Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN dengan penggunaan Metode
problim solving pada pada siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 3 Banjar Semester Genap tahun
pelajaran 2012/2013.dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa
pada siklus I sebesar 3,94 dan termasuk dalam kategori cukup aktif, sedangkan aktivitas
belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 6,31 dengan katagori sangat aktif. Jadi dapat
disimpulkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,37
Hasil belajar siswa pada siklus I adalah rata-rata 76,25 ada di atas KKM yang
ditetapkan sekolah dengan nilai 70. Hasil belajar itu berada kategori cukup baik dengan
ketuntasan klasikal sebesar 65,6 %. Sedangkan hasil belajar pada siklus II sebesar 86,88 dan
termasuk kategori baik dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan
penggunaan Metode problim solving sebesar 10,63. Kendala-kendala yang dihadapi dalam
penggunaan Metode problim solving selama penelitian antara lain : (1) masih melekatnya
kebiasaan siswa menerima pelajaran dari guru dengan metode cermah, dan mengerjakan
tugas-tugas yang berpatokan pada LKS, sehingga keberanian siswa untuk mengemukakan
pendapat relatif masih kurang. (2) Relatif masih kurangnya buku pelajaran yang dimiliki oleh
siswa, siswa hanya belajar materi pelajaran dari materi ringkas yang ada pada LKS.
Kata-Kata Kunci : Metode Problim Solving, Aktivitas belajar dan Hasil Belajar
Downloads
Published
2013-05-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)