PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • GUSTI AYU RISKA DEWI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran    
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dikelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada  tahun    
pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe GI    
(Group Investigation).     
Rancangan Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang    
dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,    
observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP    
Negeri 1 Sukasada dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 17    
orang perempuan, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes,    
observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis    
deskriptif kualitatif dan  kuantitatif.    
Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I    
mencapai 61,3% termasuk ke dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar    
72,70, sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 100% termasuk ke dalam kategori tinggi    
dengan nilai rata-rata 83,43. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar    
siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38,7%. Kendala-    
kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI    
(Group Investigation) antara lain: (1) Siswa belum terbiasa dengan model    
pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation), karena model pembelajaran ini    
pertama kali diterapkan dalam kelas tersebut jadi dalam penerapannya siswa masih    
bingung dan ragu dalam mengemukan pendapatnya, (2) Masih ada kelompok yang    
belum mampu menyelesaikan tugas kelompok tepat pada waktunya, , (3) Masih ada    
siswa yang ragu dan takut untuk mengemukakan pendapatnya pada saat diskusi    
berlangsung, (4) Masih ada kelompok yang belum dapat mempersentasikan hasil    
diskusinya. Bagi calon peneliti lain yang ingin meneliti lebih lanjut dengan    
menggunakan model pembelajaran yang sama hendaknya mempertimbangkan hal-hal    
lain yang dapat mempengaruhi penelitian ini.    


Kata-kata kunci : Hasil belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group     
Invetigation)   

Downloads

Published

2013-05-16