PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.488Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranPendidikan Kewarganegaraan (PKn) dikelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada tahun
pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe GI
(Group Investigation).
Rancangan Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP
Negeri 1 Sukasada dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 17
orang perempuan, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis
deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I
mencapai 61,3% termasuk ke dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar
72,70, sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 100% termasuk ke dalam kategori tinggi
dengan nilai rata-rata 83,43. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38,7%. Kendala-
kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI
(Group Investigation) antara lain: (1) Siswa belum terbiasa dengan model
pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation), karena model pembelajaran ini
pertama kali diterapkan dalam kelas tersebut jadi dalam penerapannya siswa masih
bingung dan ragu dalam mengemukan pendapatnya, (2) Masih ada kelompok yang
belum mampu menyelesaikan tugas kelompok tepat pada waktunya, , (3) Masih ada
siswa yang ragu dan takut untuk mengemukakan pendapatnya pada saat diskusi
berlangsung, (4) Masih ada kelompok yang belum dapat mempersentasikan hasil
diskusinya. Bagi calon peneliti lain yang ingin meneliti lebih lanjut dengan
menggunakan model pembelajaran yang sama hendaknya mempertimbangkan hal-hal
lain yang dapat mempengaruhi penelitian ini.
Kata-kata kunci : Hasil belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group
Invetigation)
Downloads
Published
2013-05-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)