PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DAN SIKAP TOLERANSI PADA SISWA KELAS VIII B6 DI SMP N 6 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.489Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah dengan diterapkan modelpembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn kelas VIII B6 di SMP N 6 Singaraja (2) untuk mengetahui apakah dengan
diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan sikap toleransi
pada siswa kelas VIII B6 di SMP N 6 Singaraja (3) untuk mengetahui kendala-kendala yang
dihadapi guru dan siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi Numbered
Head Together dalam pembelajran PKn. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP N 6
Singaraja yaitu kelas VIII B6 yang berjumlah 29 orang, yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan
12 orang perempuan, objek dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dan peningkatan
sikap toleransi pada siswa kelas VIII B6 di SMP N 6 Singaraja. Prosedur kerja tindakan ini
dilakukan 4 tahap yakni : tahap perencanaan, tahap pelaksaan tindakan, tahap observasi evaluasi
dan tahap refleksi tindakan. Empat tahap pelaksanaan tindakan tersebut dilakukan dalam dua
siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes hasil belajar
siswa. Data di analisis dengan cara deskriptif, dan pemberian makna secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif dengan
metode numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PKn kelas VIII B6, rata-rata hasil belajar siswa siklus I 66,9 dengan presentase ketuntasan
58,6%. Untuk penilaian sikap toleransi siklus I tergolong tinggi dengan rata-rata perolehan skor
28,9. Sedangkan hasil belajar pada siklus II 79,7 dengan presentase ketuntasan 86,2%. Untuk
perolehan skor sikap toleransi siklus II jauh lebih tinggi dari siklus I yaitu rata-rata skor 31,8.
Dalam penelitian ini kendala-kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan sumber belajar dan
masih kurangnya kekompakan siswa dalam diskusi terutama pada pelaksanaan penelitian siklus
I.
Kata kunci : pembelajaran kooperatif, strategi Numbered Head Together, Hasil belajar, Sikap
Toleransi
Downloads
Published
2013-05-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)