IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BBELAJAR DAN SIKAP BERDEMOKRASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIII B4 SMP NEGERI 6 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Ida Ayu Anom Swastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.490

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah dengan model     
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa     
kelas VIII B4 SMP Negeri 6 Singaraja, (2) untuk mengetahui apakah dengan     
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan sikap     
berdemokrasi PKn siswa kelas VIII B4 SMP Negeri 6 Singaraja. Subjek     
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B4 SMP Negeri 6 Singaraja, dengan jumlah     
siswa 32 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.     
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research) yang     
dilakukan dalam dua siklus dengan empat kegiatan yakni: tahap perencanaan,     
tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan     
bahwa hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 64,4 dan termasuk kategori cukup     
dengan daya serap 64% dan ketuntasan klasikal sebesar 38 %, sedangkan sikap     
berdemokrasi pada siklus I sebesar 19,2 dan termasuk dalam kategori cukup     
tinggi. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan terhadap hsil belajar siswa     
dan sikap berdemokrasi siswa, yaitu hasil belajar pada siklus II adalah sebesar     
80,2 dan termasuk dalam kategori baik dengan daya serap 80,2% dan ketuntasan     
klasikal 100%, sedangkan sikap berdemokrasi siswa pada siklus II sebesar 26,8     
dan termasuk dalam kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil     
belajar dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 16,2 dan     
peningkatan sikap berdemokrasi siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami     
peningkatan sebesar 6,6. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model     
Kooperatif Tipe Jigsaw, Siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran     
kooperatif tipe Jigsaw, Kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapatnya     
masih relatif kurang, Masih ada beberapa kelompok yang belum bisa     
menyelesaikan tugas diskusi dengan waktu yang telah ditentukan, pada pertemuan     
I minat siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran.     

Kata-kata Kunci : Tipe Jigsaw , Hasil Belajar PKn dan Sikap Berdemokrasi    

Downloads

Published

2013-05-16