IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BBELAJAR DAN SIKAP BERDEMOKRASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIII B4 SMP NEGERI 6 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.490Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah dengan modelpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa
kelas VIII B4 SMP Negeri 6 Singaraja, (2) untuk mengetahui apakah dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan sikap
berdemokrasi PKn siswa kelas VIII B4 SMP Negeri 6 Singaraja. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B4 SMP Negeri 6 Singaraja, dengan jumlah
siswa 32 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research) yang
dilakukan dalam dua siklus dengan empat kegiatan yakni: tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 64,4 dan termasuk kategori cukup
dengan daya serap 64% dan ketuntasan klasikal sebesar 38 %, sedangkan sikap
berdemokrasi pada siklus I sebesar 19,2 dan termasuk dalam kategori cukup
tinggi. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan terhadap hsil belajar siswa
dan sikap berdemokrasi siswa, yaitu hasil belajar pada siklus II adalah sebesar
80,2 dan termasuk dalam kategori baik dengan daya serap 80,2% dan ketuntasan
klasikal 100%, sedangkan sikap berdemokrasi siswa pada siklus II sebesar 26,8
dan termasuk dalam kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil
belajar dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 16,2 dan
peningkatan sikap berdemokrasi siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami
peningkatan sebesar 6,6. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model
Kooperatif Tipe Jigsaw, Siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw, Kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapatnya
masih relatif kurang, Masih ada beberapa kelompok yang belum bisa
menyelesaikan tugas diskusi dengan waktu yang telah ditentukan, pada pertemuan
I minat siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran.
Kata-kata Kunci : Tipe Jigsaw , Hasil Belajar PKn dan Sikap Berdemokrasi
Downloads
Published
2013-05-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)