PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS VIIIA MTs.AL-KHAIRIYAH TEGALLINGGAH TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Ni Made Astini Asih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk     
pembelajaran Think Pair Share pada PKn, (2) peningkatan aktivitas memecahkan     
masalah  dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share, (3)     
peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran Think     
Pair Share dan (4) kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran Think     
Pair Share serta solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas     
(class room action research) yang dilakukan dalam bentuk siklus yang terdiri dari     
perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua     
siklus. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA di     
MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah yang berjumlah 28 orang. Objeknya meliputi     
aktivitas memecahkan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn     
dengan     
pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes sedangkan dalam     
mengolah     
menunjukan bahwa, (1) ada tiga langkah utama dalam model pembelajaran TPS     
yaitu tahap think (berpikir), tahap pair (berpasangan) dan tahap Share (berbagi).     
(2) Aktivitas memecahkan masalah pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar  56,28     
yang berada pada kategori cukup baik sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya     
sebesar 79,71 yang berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar     
23,43% . (3) Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69,11 dengan     
kategori cukup dan ketuntasan belajar siswa 46,43% sedangkan pada siklus II     
nilai rata-ratanya sebesar 82,32 dengan ketuntasan belajarnya sebesar 89,28% dan     
mengalami peningkatan sebesar 13,22%. (4) Adapun kendala dalam penerapan     
model pembelajaran TPS adalah keterbatasan sumber belajar, minat belajar siswa     
dan tingkat intelegensi siswa. Solusinya yaitu peneliti menyiapkan materi     
tambahan dan melakukan pendekatan kepada siswa yang kurang aktif serta     
melakukan pengawasan yang lebih seksama.      

Kata- kata  kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share,  Aktivitas     
Memecahkan Masalah, Hasil Belajar    

Downloads

Published

2013-05-16