PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS VIIIA MTs.AL-KHAIRIYAH TEGALLINGGAH TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.492Abstract
Penelitian ini bertujuan untukpembelajaran Think Pair Share pada PKn, (2) peningkatan aktivitas memecahkan
masalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share, (3)
peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran Think
Pair Share dan (4) kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran Think
Pair Share serta solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(class room action research) yang dilakukan dalam bentuk siklus yang terdiri dari
perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA di
MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah yang berjumlah 28 orang. Objeknya meliputi
aktivitas memecahkan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn
dengan
pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes sedangkan dalam
mengolah
menunjukan bahwa, (1) ada tiga langkah utama dalam model pembelajaran TPS
yaitu tahap think (berpikir), tahap pair (berpasangan) dan tahap Share (berbagi).
(2) Aktivitas memecahkan masalah pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 56,28
yang berada pada kategori cukup baik sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya
sebesar 79,71 yang berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar
23,43% . (3) Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69,11 dengan
kategori cukup dan ketuntasan belajar siswa 46,43% sedangkan pada siklus II
nilai rata-ratanya sebesar 82,32 dengan ketuntasan belajarnya sebesar 89,28% dan
mengalami peningkatan sebesar 13,22%. (4) Adapun kendala dalam penerapan
model pembelajaran TPS adalah keterbatasan sumber belajar, minat belajar siswa
dan tingkat intelegensi siswa. Solusinya yaitu peneliti menyiapkan materi
tambahan dan melakukan pendekatan kepada siswa yang kurang aktif serta
melakukan pengawasan yang lebih seksama.
Kata- kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Aktivitas
Memecahkan Masalah, Hasil Belajar
Downloads
Published
2013-05-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)