STRATEGI PENGELOLAAN PROGRAM PRILAKU HIDUP BERSIH SEHAT (PHBS) DI LINGKUNGAN LAPAS KELAS IIA LABUHAN RUKU PROGRAM MANAGEMENT STRATEGY FOR HEALTHY CLEAN LIVING PROGRAM (PHBS) IN PRISON ENVIRONMENT CLASS IIA LABUHAN RUKU

Authors

  • Rahmadhani Dwi Mulya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Arisman Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.51790

Keywords:

PHBS, Analisis, pengelolaan, Lapas, SWOT

Abstract

WHO (World Health Organization) kesehatan lingkungan merupakan suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia. Penerapan PHBS harus dipraktikkan dalam berbagai tatanan, seperti rumah tangga, institusi pendidikan, tempat kerja, tempat umum, dan fasilitas pelayanan kesehatan. Pelaksanaan PHBS disatu tatanan akan berpengaruh pada pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tatanan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diberikan Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku dalam Pengelolaan program Program Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan serta menerapkan analisis SWOT. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi,studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis SWOT analisis yang akan dilakukan biasanya menggunakan External Factor Analysis Summary (EFAS) yang mengidentifikasi peluang (Opportunities) dan ancaman (threats) sedangkan Internal Factor Analysis Summary (IFAS) mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (Weakness). Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor pada kekuatan memiliki bobot 1,89 dan kelemahan bernilai 1,7 , untuk nilai peluang memiliki bobot 2,07, dan bobot ancaman bernilai 1,35. Nilai total skor rata – rata pada matriks IFE sebesar 0,19 sedangkan matriks EFE sebesar 0,72.

References

Analyzes on the Making of Nusakambangan Management Organization as a Pilot Project for the Revitalization of Correctional Institution ).” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 15: 49–66.

Dzaky, Landra Fikri, and Arisman Arisman. 2021. “Analisis Lingkungan Strategis Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Rutan Kelas IIB Kudus.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 15(2): 199.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004, hal 18-19

Haq, Fadli Iqomul. 2015. “Jurnal Ilmiah.” Jurnal Ilmiah

INDONESIANOMOR32TAHUN2009TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Lukito, Imam, Edward James Sinaga, and Badan Penelitian. 2021. “ANALISA PEMBENTUKAN ORGANISASI PENGELOLA NUSAKAMBANGAN SEBAGAI PILOT PROJECT REVITALISASI PEMASYARAKATAN

Maryunani Anik, Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) untuk mahasiswa kesehatan dan petugas kesehatan, Trans Info Media : Jakarta, 2013

Nugroho, Trisapto Wahyudi Agung. 2020. “Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 14(3): 445–68. 8.

Primawardani, Yuliana. 2017. “Perawatan Fisik Terkait Penyediaan Makanan Dan Minuman Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Ditinjau Dari Pendekatan Hak Asasi Manusia.” Jurnal Ilmu Kebijakan Hukum 11 No.2(M): 159– 79.

REPUBLIK INDONESIA NOMOR: 2269/MENKES/PER/XI/2011

Simatupang, Taufik H. 2016. “Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Merupakan Media Ilmiah Kebijakan Hukum Berupa Hasil Penelitian Dan Kajian, Tinjauan Hukum, Wacana Ilmiah Dan Artikel, Terbit Tiga Kali Setahun Pada Bulan Maret, Juli Dan November.” 10(1): 1–29.

Sinaga, Edward James. 2017. “Implikasi Struktur Program Dan Anggaran Yang Sesuai (In-Line) Di Kementerian Hukum Dan Ham.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 11(1): 26–40.

Sondang P. Siagian, manajemen strategic, Jakarta

Downloads

Published

2022-09-05