PERLINDUNGAN HUKUM INTERNASIONAL TERHADAP WARISAN BUDAYA INDONESIA YANG DI KLAIM OLEH NAGARA LAIN

Authors

  • Komang Dea Febriantini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52027

Keywords:

Warisan budaya, Pengakuan, Perlindungan Hukum

Abstract

Warisan Budaya merupakan keberagaman sudatu Daerah dari segi seni, tujuan dari artikel ini adalah tentang menemukan dan menganalisis perlindungan Warisan Budaya Indonesia, serta untuk mengetahui upaya penyelesainya Pemerintah Indonesia dalam menghadapi pengklaiman budaya Indonesia. Penulisan Artikel ini memberikan pengetahuan dalam hal perlindungan terhadap Warisan Budaya dari pengakuan negara lain adalah dengan membentuk regulasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, dokumentasi sebagai media untuk memberikan pembelaan perlindungan dengan keterlibatan masyarakat internasional dalam proses pendokumentasian secara efektif yang utama serta pengesahan pemerintah daerah, menyiapkan mekanisme yang ada.

References

Dewi, Aplia Eka, 2018. Perlindungan Hukum Terhadap Tari Tradisional Menurut Hukum Internasional. Skripsi Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Konvensi Hak Anak (Convention on the Rights of the Child) yang telah diratifikasi berdasarkan Keputusan Presiden No. 36 Tahun 1990

Mangku, D. G. S. (2021)‘Perlindungan Hukum Terhadap Tari Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa Indonesia Ditinjau Dari Hukum Internasional’, JurnalPendidikan Kewarganegaraan …, 9(1), pp. 97–106.

Peraturan Bersama Mentri Dalam Negeri Dan Mentri Kebudayaan dan Pariwisata No.42 Tahun 2009 Dan 40 Tahun 2009 Tentang Pedoman Pelestarian Kebudayaan.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 tahun 2007 Tentang Pengesahan Convention For The Safeguarding Of The Intangible Cultural Heritage ( Konvensi Untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda), lembaran Negara Republik.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 266, Tamabahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5599.

Downloads

Published

2022-09-05