PENERAPAN METODE TPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII B MTsN PATAS

Authors

  • SOFYAN TSAURI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v2i1.613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar PKn setelah diterapkan metode tink-pair-share (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan (3) Mengetahui kendala-kendala dalam penerapan metode tink-pair-share di kelas VIIIB MTsN Patas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan (tiga kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIIB MTsN Patas dan objek penelitiannya adalah motivasi dan hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan instrumen tes hasil belajar, dan angket Motivasi Belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pemaknaan kualitatif, yaitu landasan teori digunakan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan dengan pemaknaan kualitatif pada data (hasil penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan pada Motivasi Belajar siswa, hal ini dibuktikan dari analisis data pada observasi awal dengan skor 13,21% pada kategori Rendah meningkat di Siklus I sebesar 65,06% pada kategori Tinggi kemudian meningkat pada Siklus II sebesar 82,13% pada kategori Sangat Tinggi dengan peningkatan presentase dari Siklus I ke Siklus II sebesar 17,07%. (2) Hasil Belajar PKn mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 63,3% yang masih dalam kategori belum tuntas karena berada pada rentang 62 % - 71 % dengan predikat cukup, kemudian menjadi 100% pada siklus II dengan peningkatan presentase sebesar 36,7%. (3) terdapat kendala-kendala pada penerapan metode tink-pair-share.

 

Kata-kata Kunci: Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PKn.

Downloads

Published

2013-06-26