PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS X 2 SMA NEGERI 2 BANJAR TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Ni Made Sulasmi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v2i1.615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X2 SMA NEGERI 2 BANJAR tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA NEGERI 2 BANJAR tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 31 orang. Data tentang motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui angket/kuesioner sedangkan data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang berbentuk soal obyektif. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif (kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn yaitu dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 86.12 dan termasuk ke dalam kategori sedang, sedangkan motivasi belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 100 dengan kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 13.88%. Hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 80.64 dan termasuk dalam kategori cukup dengan ketuntasan klasikal sebesar 80.64%, sedangkan hasil belajar pada siklus II sebesar 86.61 dan termasuk dalam kategori baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebesar 5.97%. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw selama penelitian antara lain: Siswa masih merasa sulit dalam proses pembelajaran dimana dalam penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini mereka masih terlihat bingung dalam pembentukan kelompok baik kelompok asal maupun kelompok ahli sehingga membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Motivasi dan  hasil belajar, PKn SMA

Downloads

Published

2013-06-26