IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS VII B SMP BHAKTIYASA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • AYU LESTARI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v2i1.620

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas VII B SMP Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2012/2013, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbantuan LKS. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana peneliti sebagai guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan penilaian, dan refleksi.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 22 orang. Data hasil belajar dianalisis secara deskriptif sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner.

Hasil analisis menunjukkan: (1) terjadi peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VII B SMP Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar PKn sebesar 61,81. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar PKn siswa sebesar 81,81, dibandingkan dengan siklus I hasil belajar PKn siswa dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbantuan LKS terjadi peningkatan sebesar 20%, (2) untuk respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbantuan LKS diperoleh skor rata-rata sebesar 42,2 dengan kategori sangat baik.

 

Kata Kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif , Think-Pair-Share dan LKS

Downloads

Published

2013-06-26