ANALISIS SEMIOTIKA VIDEO MUSIK BTS DALAM ALBUM MAP OF THE SOUL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpsp.v11i3.40520Abstract
Anak-anak muda saat ini mulai menggandrungi tren K-Pop. K-Pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Grup K-Pop yang saat ini banyak penggemarnya hingga hampir seluruh dunia menyukainya yakni BTS atau dalam Bahasa Korea Bangtan Sonyeondan. Artikel ini bagian dari skripsi yang berjudul “Analisis Semiotika Video Musik BTS dalam Album Map of the Soul” yang mana memaparkan tentang beberapa video musik BTS dalam album Map of the Soul yang berjudul Intro: Persona, Interlude: Shadow dan Outro: Ego dari kacamata semiotika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui arti video musik/video klip dari sudut pandang yang berbeda, tidak semata-mata hanya menunjukkan visualisasi artis saja. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa fragmen dalam adegan video klip yang paling menekankan makna sesuai konsep dari masing-masing video klip dengan teori semiotika Roland Barthes yaitu dengan makna denotatif, makna konotatif dan mitos.
Kata kunci : semiotika, teori Roland Barthes, video musik, BTS