PENGGUNAAN MEDIA CETAK DAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

Authors

  • I Nengah Dwi Endra Suanthara STKIP Agama hindu Singaraja
  • Ni Nyoman Suastini STKIP Agama hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpsp.v12i2.52682

Abstract

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Keperawatan 3 SMK Negeri 1 Kubutambahan yang berjumlah 34 orang, metode pengumpulan data adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dengan langkah-langkah mengubah skor mentah menjadi skor rata-rata, menetukan kriteria predikat, dan mencari skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebelum penggunaan media cetak dan media gambar dalam proses pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Seni Budaya Hasil evaluasi tes awal siswa sangat rendah hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari evaluasi awal dengan nilai rata-rata sebesar 65,34 dengan ketuntasan kelas 10 siswa atau 34,48%. (2) Setelah penggunaan media cetak dan media gambar dalam proses pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Seni Budaya Hasil belajar siswa pada siklus I dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I nilai aspek sikap spiritual dan sosial dengan nilai rata-rata 65,20 dengan ketuntasan kelas 13 siswa atau 44,82% kemudian pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi sebesar 79,82 dengan ketuntasan kelas 26 siswa atau 89,65%, pada siklus I nilai aspek pengetahuan dengan nilai rata-rata 72,06 dengan ketuntasan kelas 16 siswa atau 55,17% kemudian pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi sebesar 80,34 dengan ketuntasan kelas 24 siswa atau 82,75%, Pada siklus I nilai aspek keterampilan dengan nilai rata-rata 66,79 dengan ketuntasan kelas 14 siswa atau 48,27% kemudian pada siklus II rata-rata meningkat menjadi sebesar 79,27 dengan ketuntasan kelas 24 siswa atau 82,75%.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles