STUDI EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII MIPA DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Bayu Sukaharta, Nyoman Santiyadnya, Gede Nurhayata

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesesuaian perencanaan dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peraturan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 dan mendeskripsikan kesesuaian pelaksanaan terhadap perencanaan pembelajaran yang telah dimiliki. Studi evaluasi penelitian ini meliputi perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Singaraja khususnya pada kelas XII MIPA. Sumber data pada penelitian ini adalah guru-guru prakarya dan kewirausahaan serta siswa-siswi yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi partisipatif, studi dokumen, dan angket. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil penelitian antara lain: 1) variabel perencanaan pembelajaran pada masing-masing guru dapat dikatakan sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016; 2) model pembelajaran didalam pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan oleh masing-masing guru berbeda namun masih didalam konteks pendekatan yang sama; 3) berdasarkan sudut pandang siswa memalui angket, pelaksanaan pembelajaran masing-masing guru mencapai kriteria baik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpte.v6i2.20231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.