STUDI EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII MIPA DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Penulis

  • Bayu Sukaharta
  • Nyoman Santiyadnya
  • Gede Nurhayata

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i2.20231

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesesuaian perencanaan dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peraturan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 dan mendeskripsikan kesesuaian pelaksanaan terhadap perencanaan pembelajaran yang telah dimiliki. Studi evaluasi penelitian ini meliputi perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Singaraja khususnya pada kelas XII MIPA. Sumber data pada penelitian ini adalah guru-guru prakarya dan kewirausahaan serta siswa-siswi yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi partisipatif, studi dokumen, dan angket. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil penelitian antara lain: 1) variabel perencanaan pembelajaran pada masing-masing guru dapat dikatakan sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016; 2) model pembelajaran didalam pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan oleh masing-masing guru berbeda namun masih didalam konteks pendekatan yang sama; 3) berdasarkan sudut pandang siswa memalui angket, pelaksanaan pembelajaran masing-masing guru mencapai kriteria baik.

Diterbitkan

2019-10-10