Pengembangan Media Video Pembelajaran Perbaikan Mesin Pendingin Refrigerator One Door

Authors

  • I Nyoman Prastita universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) membuat media video pembelajaran perbaikan mesin pendingin (refrigerator one door) yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran mata kuliah Perawatan Mesin Pendingin, (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan mediasebagai media pembelajaran, dan (3) mengetahui respons dari peserta didik pada mata kuliah Perawatan Mesin Pendingin. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) media pembelajaran bisa dibuat berdasarkan tahapan-tahapan penelitian R&D (2) berdasarkan uji kelayakan uji ahli isi diperoleh nilai persentase kualifikasi sebesar 90.38% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 77,38% dengan kualifikasi sangat layak(3) respons yang didapat dari  hasil uji coba kelompok kecil dengan 5 responden diperoleh semuanya termasuk kualifikasi sangat baik, dan hasil data rentang skor uji coba kelompok besar dengan 15 responden diperoleh semuanya termasuk kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media video pembelajaran perbaikan mesin pendingin (refrigerator one door) layak digunakan dalam melakukan proses pembelajaran pada matakuliah  Perawatan Mesin Pendingin.

Kata Kunci: Pengembangan Media Video Pembelajaran, Perawantan Mesin Pendingin

References

Arikunto, 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Cahyani, F., Ariawan, K. U., & Ratnaya, G. (2019). Pengembangan modul karya rekayasa elektronika praktis berbasis aplikasi livewire. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 39-47.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Wicaksono, Fajar. 2018. Mudah Belajar Raspberry Pi. Bandung: Informatika.

Wijatsongko, Nurcahyo, dkk. 2015. Sistem Pemantauan Ruangan Dengan Server Raspberry Pi. Tersedia Pada https://journal.ugm.ac.id/ijeis/article/download/7154/5602, diakses pada 06 Juli 2019.

Published

2020-08-02