PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUTOPLAY PADA MATERI GERBANG LOGIKA UNTUK SISWA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i1.20203Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis autoplay yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R & D) dan penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi (ahli materi), ahli media dan siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TAV 1 di SMK Negeri 3 Singaraja. Hasil penelitian terhadap media didapatkan: 1) persentase tingkat kelayakan media dari validator media 90% dengan kualifikasi sangat layak, 2) persentase tingkat kelayakan media dari validator materi 90% dengan dengan kualifikasi sangat layak, 3) hasil uji coba dalam kelompok kecil mendapatkan persentase 87% dengan kualifikasi sangat layak, 4) hasil uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 91,37% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil analisis tingkat kelayakan dan respon siswa, media pembelajaran interaktif berbasis autoplay pada materi gerbang logika untuk kelas X TAV di SMK N 3 Singaraja layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.