PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BB2
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i2.20870Abstract
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk: 1) meningkatkan nilai pengetahuan dan nilai praktik keterampilan siswa, 2) pengimplemetasian ilmu penegtahuan terhadap teknologi yang berkembang di masyarakat. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kela X BB2 SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil pengetahuan siswa di proleh dari tes ujian pilihan ganda di akhir masing-masing siklus dan data hasil pratik keterampilan diproleh dari praktikum siswa pada masing-masing siklus. Hasil analisa menunjukkan: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata nilai pengetahuan siswa yaitu dari 62,03 dengan ketuntasan 48,8% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 82,38 dengan ketuntasan 96,77%. 2) terjadi peningkatan nilai rata-rata praktik keterampilan siswa yaitu dari 48,1 den gan ketuntasan 0% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 83,32 dengan ketuntasan 96,77%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.