Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Berbasis Smart Relay Pada Instalasi Motor Listrik

Authors

  • Made Dhira Danu Wiguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa
  • I Gede Ratnaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat trainer pengendali elektromagnetik berbasis smart relay mengetahui kelayakan serta mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran trainer pengendali elektromagnetik berbasis smart relay pada mata pelajaran instalasi motor listrik di jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner  yang dinilai oleh ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh: media pembelajaran trainer pengendali elektromagnetik berbasis smart relay dapat dibuat melalui tahapan Research and Development (R&D).  hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase 98,86% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli materi/isi mendapatkan persentase 81,81% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil dengan 6 responden semuanya termasuk kategori sangat tinggi, dan hasil rentang skor uji kelompok besar dengan 20 responden semuanya termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Berbasis Smart Relay layak digunakan pada proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik.

Kata Kunci: Trainer Pengendali Elektromagnetik Berbasis Smart Relay, Instalasi Motor Listrik

 

References

Arikunto, 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arindya, Radita. 2013. Penggunaan Dan Pengaturan Motor Listrik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Azhar, Arsyad, 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin, 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyani, F., Ariawan, K. U., & Ratnaya, G. (2019). Pengembangan Modul Karya Rekayasa Elektronika Praktis Berbasis Aplikasi Livewire. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 39-47.

Muharto. 2016. Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Permana, G. S. B., Nurhayata, G., & Sutaya, W. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV 1 di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(3), 134-142.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprapta, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Multimeter Berbasis CD Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 62-70.

Published

2020-12-03