PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SMA N 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i3.23976Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry pada pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XMIA4 SMA Negeri 2 Singaraja yang bertempat di Jalan Srikandi, Desa Sambangan Singaraja, Kabupaten Buleleng. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 SMA N 2 Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 17 orang dan siswa perempuan sebanyak 21 orang. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Guided Inquiry. Data rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 79.08 dengan ketuntasan klasikal sebesar 39.47%. data rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 sebesar 89.34 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81.58%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari refleksi awal ke siklus I adalah 6.74%, dari siklus I ke siklus II adalah 30.71%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pada penelitian ini telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta mencapai tujuan dalam penelitian ini. Kendala yang dihadapi peneliti adalah peneliti masih belum optimal dalam mengarahkan dan membimbing siswa serta motivasi untuk siswa masih kurang, Oleh karena itu peranan guru saat membimbing siswa sangat di butuhkan dalam pelaksanaan model pemebelajaran ini dengan baik.Downloads
Published
2020-03-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.