Kontribusi Penguasaan Materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Minat Bidang Listrik Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Listrik Siswa Bidang Teknik di Kota Singaraja
I Wayan Wahyu Pramana1, I Gede Ratnaya2, Agus Adiarta3
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i2.78728Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan minat siswa terhadap bidang listrik terhadap hasil belajardasar listrik di SMK Negeri 3 Singaraja. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 67 responden dari siswa kelas X, XI, dan XII yang dipilihsecara proporsional. Data dikumpulkan melalui kuesioner spesifik dan dianalisis dengan metode statistik modern, seperti uji one way ANOVA dan regresi linier berganda, menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil uji t pada koefisien regresi menunjukkan bahwa kedua variabel independen, yaitu K3 (X1) dan minat bidang listrik (X2), memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar dasar listrik (Y). Nilai signifikansi untuk K3 adalah 0.001 dan untuk minat bidang listrik adalah0.000, keduanya kurang dari 0.05, sehingga dinyatakan signifikan. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa penguasaan materi K3 dan minat siswaterhadap bidang listrik memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar dasar listrik siswa di SMK Negeri 3 Singaraja. Temuan ini memberikan dasar untuk meningkatkan pembelajaran K3 dan minat listrik dalam kurikulum guna meningkatkan hasil belajar siswa.References
Adi Arifai A. Pengaruh Kepemimpinan Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Arwana Mas Palembang. J Ecoment Glob. 2018;3:23–34.
Andriani R, Rastol R. Motivasil belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. J Pendidik Manaj Perkantoran. 2019;4(1):80.
Dila AN. Kurikulum pendidikan kesehatanl di sekolah sebagai upaya meningkatkan kesadaran hidup sehat sejak dini. Ber Kedokt Masy. 2018;86 (2016): 13.
Dwianto AS, Purnamasari P, Tukini T. Pengaruh Kompensasi Terhadapl Kinerja Karyawanl Pada PT. JAEILl INDONESIA. Jesya (Jurnal Ekon Ekon Syariah). 2019;2(2): 209–23.
Effendi R, Herpratiwi H, Sutiarso S. Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learningl di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2021;5(2):920–9.
Handayani R. Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orangtua terhadapl motivasi belajar siswa sekolah dasar. J Tunas Bangsa. 2019;6(1): 15–26.
Hektner JM, Csikszentmihalyi M. A Longitudinal Explorationl of Flow and Intrinsic Motivation inl Adolescents. Am Educ Res Assoc. 1996;31.
Ma’ruf AH. Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode problem posing dan metode ekspositori sma n 58 jakarta. J Ilmu Pendidik [Internet]. 2018;10(1): 51–60.
Nasutionl MK. Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Stud Didakt J Ilm Bidl Pendidik. 2017;11(1): 9–16.
Nindyal Faradina. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolahl Terhadap Minat Baca Siswa Di Sdl Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. J Hanata Widyal [Internet]. 2017;6 (8): 60–9. Available from: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280
NPB, PDND, Dra. Madel Sulastri MP. Korelasil Konsep Diri Dan Sikapl Religiusitas Terhadap Kecenderungan Perilaku Menyimpang Dikalangan Siswa Pada Kelas Xi Sma Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. J Ilm Bimbing Konseling. 2014;2(1).
Nuraeni D, Hargiyarto P. Pemahamanl Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Dan Sikap Keselamatan Dan Kesehatanl Kerjal (K3) Terhadap Perilaku K3 Di Bengkel Bubut. J Pendidik Vokasional Tek Mesin. 2019;7(3): 192–202.
Pupiati RT. Pengaruh Lingkungan Kerja, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Serta Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Pada Bagian Produksi Di PT. Sarihusada Generasi Mahardika (SGM) Klaten. Ebbank. 2020;11(1): 53–62.
Rustika IM. Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albertl Bandura. Bul Psikol. 2016;20(1–2): 18–25.
Setiawan H. Analisis Kualitas Sisteml Informasi Pantauanl Pembentukan Karakter Siswa Di Smk N 2 Depok Sleman. Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat Educ. 2017;2(1): 102–9.
Sirait SE, Rasyid Umaternate A, Gugule H. Eksistensi Produk Home Industri Keramik Masyarakat Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa. Indones J Soc Sciene Educ. 2021;1(2): 1–7.
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.
Wijaya E, Pipin), Sari P. Pengaruh Penilaian Kinerja dan Motivasi Terhadap Produktivitas Pegawai Pada BKDPSDM Kabupatenl Kepahiang. Creat Res Managl J. 2020;3: 63–76.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.