Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Produktif Di SMK Negeri 3 Singaraja

Authors

  • Gede Dedi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Ganesha University of Education
  • Nyoman Santiyadnya Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.83394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh minat belajar siswa dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Singaraja, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi, yang di analisis menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika dan Teknik Ketenagalistrikan dengan jumlah populasi sebanyak 110 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 86 responden, berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa (1) pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Singaraja (2) pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Singaraja (3) pengujian hipotesis ketiga menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Singaraja.

References

Gargita W, Adiarta A, Pracasitaram SB. Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Listrik Portabel Berbasis Automatic Control Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik Di Program Studi S1 [Internet]. Vol. 12. 2023. Available from: https://doi.org/10.23887

Fatimah N, Yusroh M, Widayanti R, Astuti Y, Isroani F, Purnomo A, et al. Pengantar Ilmu Pendidikan. 2022;

Putra, I. G. L. A. R., & Wiratama, W. M. P. (2024, December). Pengembangan Aplikasi Tatapurwa: Inovasi Digital Kerajinan Lukisan Wayang Kamasan Berbasis Augmented Reality. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 9).

Kusumawati K. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. JURNAL LIMITS. 2023;5(1).

Yuyun K. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2022;

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.

Mutammam MZ, Santiyadnya N, Putu I, Arsa S, Kunci K, Pembelajaran M. Media Pembelajaran Propagasi Line Of Sight Pada Mata Kuliah Antena Dan Propagasi Di S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. 2023;12(3):263–72. Available from: https://doi.org/10.23887

Verawati NNSP. Efek Penggunaan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan). 2020;4(2).

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Nabillah T, Abadi AP. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. 2019;2(1).

Kustian NG. Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik. 2021;1(1).

Nainggolan DH, Sidabalok NE, Aritonang E. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains dan Teknologi Elektro. 2022;12(01).

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Haridiati I. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan. 2022;1(1).

Lomu L, Widodo SA. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. 2018;0(0).

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Widyastuti E, Sri Adi Widodo dan, Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta U, Kunci K, Belajar Matematika M, Siswa K, et al. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 2018.

Achuru A. Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. 2019.

Charli L, Ariani T, Asmara L. Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ). 2019 Jun 30;2(2):52–60.

Bawamenewi A. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Siswa Di SMA NEGERI 1 Lolofitu Moi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 2021;4(1).

Febriyani A, Putra DP. Pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik adaptive terhadap kedisiplinan remaja di Lubuk Basung. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa. 2022;1(3).

Maela E, Purnamasari V, Purnamasari I, Khuluqul S. Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 2023;9(2).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. 2020.

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro. 2018;

Alwy Yusuf M, Abraham A, Rukmana H, Negeri Makassar U, P Pettarani JA, Rappocini K, et al. Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education. 2024;06(02).

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.

Candra Adi Rahmat, Kurniabudi, Novianto Y. Penerapan Metode Regresi Linier BergandaUntuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer(JAKAKOM). 2023;3(1).

Humaira I, Sagoro EM. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajeman Keuangan Pada Prilaku Umkm Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. 2018;7(1).

Published

2024-12-03