Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaraan Berbasis Website untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 3 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.85884Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes essay. Teknik analisis data dilakukan secara kualitiatif melalui observasi, wawancara serta studi dokument dan secara kuantitatif melalui nilai rata-rata hasil belajar peserta didik, presentase hasil belajar klasikal peserta didik. Indikator keberhasilan ditandai adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata setiap siklus yaitu siklus I diperoleh 62,85% dan pada siklus II diperoleh 80%. Jika dikonversikan ke dalam PAP skala lima dan ketuntasan klasikal, siklus I berada pada kategori kurang dengan nilai 62,85% yaitu terdapat 22 peserta didk dinyatakaan tuntas sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dengan nilai 80% yaitu terdapat 28 peserta didik dinyatakan tuntas. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pembelajaran berbasis website dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan kelas X TKL 1 SMK Negeri 3 Singaraja Tahun ajaran 2023/2024.
References
Agung, A.A Gede .2012.Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja : UNDIKSHA.
Agung, A.A Gede .2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA. Universitas Pendidikan Ganesha
Arikunto, S. (2012). Penelitian tindakan kelas.
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.
Atar, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Kelas. UIN Ar-Raniry.
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Chusna, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran online berbasis aplikasi Classdojo dalam pembelajaran IPS Kelas VII A MTs Riyadlatul Fallah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hardianto, H., Ulfa, M., & Fauziah, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 87–98.
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Raharja, I. G. N. K. R., Santo Gitakarma, M., & Ariawan, K. U. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar perakitan komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 96–105.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Putra, I. G. L. A. R., & Wiratama, W. M. P. (2024, December). Pengembangan Aplikasi Tatapurwa: Inovasi Digital Kerajinan Lukisan Wayang Kamasan Berbasis Augmented Reality. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 9).
Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64.
Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.
Wijana, N., & Sukri, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement divisions (stad) berbasis ergonomi untuk menigkatkan pembelajaran biologi siswa kelas x mia1 di sma laboratorium undiksha. Jurnal ika, 17(1), 80–95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.