PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KELISTRIKAN SMPN 6 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i1.20206Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Keterampilan Kelistrikan melalui penerapan metode kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas IX B1 SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX B1 SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, sebanyak 30 siswa yang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kongnitif adalah tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I dengan rata-rata hasil belajar sebesar 70,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,66 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,66%. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena semua kriteria yang ditentukan telah terpenuhi. Hal ini menandakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan kelistrikan kelas IX B1 SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2014/2015.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.