PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i3.20861Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena ketuntasan hasil belajar siswa yang masih kurang sehingga perlu pemberian solusi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada tiap sikusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah: terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dari 80,41 pada siklus I menjadi 83,737 pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 3,327 poin). Selain itu terjadi juga peningkatan ketuntasan klasikal, dari 78,125% pada siklus I menjadi 90,625% pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 12,5%) dan terjadi peningkatan penghargaan prestasi tim pada saat pembelajaran diberlakukan yaitu pada siklus I tidak semua kelompok mendapat predikat tim baik sekali (great team) yang selanjutnya pada siklus II semua kelompok mendapat predikat tim baik sekali (great team). Hal ini berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas X MIA 2 di SMA Negeri 1 Singaraja.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.